Tips Memilih Customer untuk Pengusaha Pemula

Tips Memilih Customer untuk Pengusaha Pemula

Tips Memilih Customer untuk Pengusaha Pemula
Sumber : Harvard Business Review

Selamat Datang Pengusaha Pemula

Bagi Anda yang saat ini sudah memutuskan untuk mencoba jalan sebagai pengusaha, saya ucapkan selamat ya! Menurut saya, pilihan Anda merupakan pilihan yang tidak mudah. 

Tidak mudah diputuskan karena biasanya keputusan ini lebih ke sifat kepepet daripada memilih beberapa opsi. Betul? Kalau Anda benar-benar memilih karena keinginan Anda (dan bukan karena kepepet) saya ucapkan selamat sekali lagi.

Wiraswasta seperti petani. Kenapa? Karena tidak ada ada pilihan lain. Tetapi lebih sedih petani. Ada yang tahu? Ya, menjadi petani itu (menurut saya) banyak ketidakpastian dan variabel ketidakpastian tersebut banyak bergantung ke kebijakan pemerintah. 

Wiraswasta atau pengusaha gimana? Meskipun sama atas banyak ketidakpastiannya, tetapi sudah banyak contoh yang suksesnya. 

Nah, kali ini saya mau bahas tentang 1 topik yang menurut saya menarik untuk dibahas, Tips memilih customer untuk pengusaha. 

Sebelum melanjutkan membaca, Anda sekalian pernah mengalami kegagalan? Tulisan saya yang lalu bahas tentang hal tersebut. Mampir juga ya : Kegagalan Kebangkitan dan Proses Belajar


Tips Memilih Customer untuk Pengusaha Pemula

Kenapa saya mulai dengan topik ini. Karena menurut pengalaman pribadi saya, memilih customer (bukan topik sebaliknya ya, customer yang memilih Anda) itu cukup krusial untuk periode awal Anda mendirikan bisnis.

Tips 1 Cari Customer yang Memiliki Termin Pembayaran yang Baik

Ok, saya langsung to the point aja nih. Seringkali, pengusaha pemula, senang mendapatkan customer. Apalagi sudah susah-susah nyari customer bukan? Dengan segala jurus marketing, sales, dan apapun itu, akhirnya dapat customer baru.

Seperti saya juga pada awal mendirikan bisnis (oiya, bisnis yang saya jalani sekarang bukan bisnis pertama saya ya, masih banyak pengalaman gagal juga kok, santai saja, Anda tidak sendirian) itu kesenangan saya juga. Mendapatkan customer yang akhirnya beli produk atau jasa kita.

Seiring berjalannya waktu, saya dan tim akhirnya mencoba untuk melakukan pemilihan, kira-kira prospek yang kita dapatkan ini memang ideal sebagai customer kita atau tidak. 

Salah satu indikatornya adalah kemampuan bayar dan komitmen bayarnya. Terkadang ada customer yang bernama besar, dengan kemampuan bayar baik tetapi komitmen bayarnya ini yang agak-agak diragukan? Pernah bertemu seperti itu?

Pastinya kesel bukan, Anda sudah kerja cape-cape dan customer bilang, termin bayarnya 90 hari ya (atau 3 bulan) pake plus-plus. Sedih. Nah, supaya nda mengalami pengalaman seperti saya, sok disiapkan metode melakukan survey ke prospek sebelumnya terkait topik ini.

Tips 2 Sebaiknya cari Customer yang sudah tahu produk dan jasa Anda

Punya pengalaman seperti ini? Prospek Anda beli dari Anda tapi nda tahu cara menggunakan atau ternyata salah menggunakannya. Pengalaman saya lagi nih. Waktu saya jualan minuman aloe vera, berbentuk kubus seperti nata de coco.

Ada pembeli yang termakan iklan shampoo aloe vera dan Anda tahu kan endingnya seperti apa? Iya, dia menggunakan produk yang salah untuk bagian tubuh yang salah. 

Sama halnya dengan produk dan jasa yang unik dan tidak mudah dipahami oleh customer. Sebaiknya Anda edukasi terdahulu. Tanpa melalui edukasi, tim support Anda yang akan babak belur ditanyakan terus oleh pelanggan. Ujung-ujungnya bisnis jadi terhambat.

Berikut beberapa Tips Memilih Customer untuk Pengusaha Pemula. Semoga mencerahkan ya dipagi hari ini. 

Saya juga sedang mencari tim untuk handle data analis dikantor saya, siapa tahu ada yang tertarik untuk join, bisa langsung ke tautan berikut : Jobs

Pekerjaannya tiap hari berkutat sama data dan visualisasi menggunakan Tableau.

Salam,

Daru

2 Replies to “Tips Memilih Customer untuk Pengusaha Pemula”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 10 =