Alpha Leader Series Fundraising for Startups

Alpha Leader Series Fundraising for Startups

Alpha Leader Series Fundraising for Startups
Alpha Leader Series Fundraising for Startups. Source Pic : sunartha.co.id

Fundraising

Selamat malam.

Bagaimana hari ini? Sudah cukup lelah dengan kesibukan harian Anda? Pastinya!

Saya, berkesempatan untuk mendengarkan sharing session dari beberapa startup plus dari Tokopedia dimana startup yang hadir diacara tersebut merupakan bagian dari keluarga besar Alpha JWC Ventures.

Kenapa saya hadir diacara berjudul Alpha Leader Series Fundraising for Startups tersebut?

Karena penasaran. Iya, saya penasaran bagaimana bisa sebuah usaha warung kopi yang baru saja berdiri, bisa mendapatkan pendanaan, sesuai diberita, 8 juta dollar saja. Yes! Penasaran kan?

Ternyata ada ceritanya. Yuk kita bahas bersama.

Cerita dan Sharing Session

Sebelumnya, perkenalkan nama saya Daru. Bagi yang belum kenal, salam kenal ya. Kalau mau berkenalan via Linkedin, silahkan diadd ya. Berikut Link nya : Kenalan dengan Daru

Kesibukan saya saat ini menjalankan bisnis saya dibidang Konsultan IT dengan produk seperti Acumatica Cloud ERP dan Tableau Business Intelligence. Jangan lupa mampir ya dilink yang saya share diatas.

Tertarik tentang berita terbaru mengenai bisnis dan pendanaannya, salah satunya ini nih, kopi kenangan. Baca ya artikel lainnya : Kenapa Startup Kopi Dilirik Investor

Lanjut ya, numpang iklan dahulu ya.

Acara sharing session kali ini full. Ya full pengunjung. Mungkin topiknya menarik, tentang fundraising. Dan kopinya juga menarik, kopi kenangan. Padahal saya berkata dalam hati, ini dikasi kopi kenangan gratis nda ya?

Ternyata dikasi lho he3… lumayan. Lah, kenapa saya jadi ngiklanin kopi kenangan ya. Ah sudahlah.

Fundraising merupakan momok atau hal yang menakutkan bagi pemilik bisnis terutama startup. Dimana terkenal dengan ke-horor-an untuk pitching didepan investor dan apabila ditolak.

Ternyata begitu juga testimoninya. Namun ternyata, antara pemilik startup dan para funder (VC) juga saling membutuhkan kok. Nah, saling membutuhkannya seperti apa?

VC itu juga bisnis untuk muterin duitnya investor. Dan Startup adalah salah satu vehicle untuk meningkatkan capital atau dana investor. Saling menguntungkan bukan? Lalu bagaimana cara saling memperkenalkan dirinya?

Tentunya dengan harus mengikuti komunitas-komunitas seperti ini. Terus terang saya agak kaget juga segitu banyak yang hadir diacara kali ini. More than 100 orang sepertinya. Selain saya mau survei WeWork di Menara Astra tentunya.

But overall, acaranya seru. Kopinya enak dan sharingnya meskipun tidak terlalu dalam, tetapi menarik banyak peminat kok. Well Done!

Ideas dan Kesimpulan

Lalu kesimpulannya apa? Buat saya, bagi teman-teman yang sedang menjalankan proses fundraising, tetap semangat! Jangan mudah putus asa. Selain itu juga, bisnisnya juga harus dipikirin, jangan terlalu semangat nguber investor, eh bisnisnya malah nda berkembang.

Ada istilah bagus yang pernah saya baca dulu disalah satu buku. Jangan fokus mengejar lebah, mending fokus saja mempercantik taman yang kita miliki, nanti lebah-lebah akan berdatangan dengan sendirinya.

Sukses untuk bisnis kita semua. Nyeruput kopi lagi nda ya? Besok pagi saja deh.

Salam,

Daru

One Reply to “Alpha Leader Series Fundraising for Startups”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × four =