Bagaimana Status Kesehatan Bisnis Anda

Bagaimana Status Kesehatan Bisnis Anda

Bagaimana Status Kesehatan Bisnis Anda
Bagaimana Status Kesehatan Bisnis Anda. Pic Source : jenramsey.com

Medical Check Up

Selamat malam.

Diminggu malam ini, sambil melakukan scroll-scroll berita atau social media, saya mau share sesuatu hal nih. Tentang medical checkup untuk bisnis. Yups, topik bahasan yang agak-agak berat, tapi kita bawa santai saja. Ok?

Siapa yang baru-baru ini melakukan aktivitas medical check up untuk kesehatan kita? Anda? Betul. Dengan melakukan aktivitas ini, minimum katanya setahun sekali, kita akan punya yang namanya hasil medical check up yang bisa kita pelajari, terutama soal kolesterol ya? Hayo yang sering makan soto betawi dan jeroan-jeroan? (itu saya banget).

Setelah tahu hasil lab, biasanya kita melakukan tindakan-tindakan yang lebih benar bukan? Contoh makan makanan yang sehat. Olahraga yang cukup dan masih banyak lagi.

Lalu bagaimana dengan bisnis? Sama sih, cuma kita akan bahas lebih detail ya. So, siap-siap camilan, kopi hangat, sehangat kenangan mantan nda ya?

Bisnis dan Bagaimana Status Kesehatan Bisnis Anda

Bisnis saya bangkrut Mas, tutup! Ujar salah satu teman saya. Bahkan saya juga pernah mengalami hal yang sama. Tutup, gulung tikar, bahkan pahit rasanya merumahkan karyawan yang telah bekerja keras untuk bisnis Anda.

Salahnya dimana? Apa salah saya? Apa salah bisnis kita? Mungkin itu pertanyaan yang sering kita pertanyakan dan gumulkan setiap kali mempunyai bisnis yang tidak bisa melanjutkan hidupnya.

Pertanyaannya, seringkah kita melakukan pengecekan status kesehatan bisnis kita? Minimum per bulan, per 3 bulan atau cuma setahun sekali? Istilah orang Jawa Timur, modar kon.

Ini cerita saya ya, sharing nih. Dulu saya jarang yang namanya melakukan check up bisnis. Yang penting duit ada diakhir bulan dan duit ada untuk bayar vendor atau supplier dan karyawan. Siapa yang seperti ini?

Sekarang nda bisa Boss. Sekarang yang namanya Business Owner harus melek finansial. Tidak hanya punya akuntan handal dan tim yang solid cukup, bahkan CEO pun harus punya insting CFO lho.

Seorang CEO harus melek yang namanya Sales Growth (pertumbuhan penjualan), Gross Margin Ratio (Rasio Laba Kotor), Net Profit Margin dan beberapa terms dan istilah-istilah keuangan yang orang awam pasti pusing tujuh keliling.

Sabar, semua bisa dipelajari kok. Dan semua materi itu ada disocial media seperti youtube dan blog-blog diinternet. Jadi jangan takut. Anda musti ikut pelajari ya.

Jangan percaya aja kata akuntan Anda. Jangan percaya aja kata-kata anak buah yang bilang tagihan aman Boss, padahal macet. So pasti Anda sebagai pemilik atau manajemen pasti harus sigap dan peka dengan hal-hal beginian.

Kesimpulan Artikel Ini

Sebelum bagian kesimpulan, ada baiknya Anda mampir ke artikel terbaru saya yang membahas tentang Bisnis dan Momentum, penasaran? Yuk simak disini: Strategi Memanfaatkan Momentum untuk Bisnis.

Kesimpulan pertama.

Rajin-rajin melakukan check up bisnis Anda. Apabila bisnis Anda sedang pesat-pesatnya, ada baiknya melakukan rapat mingguan dengan tim keuangan Anda dan tim operasional Anda. Apa gunanya? Jangan sampe ada istilah miss cashflow. Nda lucu kan, bisnis kenceng tapi bensin atau dana Anda habis.

Kesimpulan kedua.

Belajar terus sama istilah-istilah keuangan bisnis Anda. Terutama soal net profit margin, gross profit margin sama baca cashflow forecast dan realisasi. Penting itu. Kalau Anda mau test tim Anda, coba tanyakan kepada mereka apa artinya dan apa yang harus dieksekusi oleh bisnis Anda kedepannya. Ingat, banyak bisnis tutup karena piutang yang tak tertagih atau bocor halus untuk pengeluaran Anda.

Kesimpulan ketiga.

Kalau Anda bingung memulai dari mana, mungkin tim kami bisa bantu. Dari sisi membuatkan laporan keuangan sehingga rasio keuangan Anda bisa langsung dapatkan. Implementasi sistem keuangan yang mumpuni untuk bisnis Anda juga bisa. Yang terakhir, tim analisa kami terkait kondisi data bisnis yang Anda miliki. Mudah bukan?

Bagaimana? Sok langsung dicek untuk bisnis Anda. Mumpung masih april ini. Jangan sampe nanti Anda dan saya menyeruput kopi bersama dan Anda curhat, Bro, bisnis gw mau tutup nih, kan saya mau dengarnya, Bro, gw traktir yak, bisnis gw tambah pesat nih! Amin.

Salam,

Daru

Anda bisa berteman dengan saya di Linkedin. Cukup klik nama saya dan add untuk berteman dengan saya. Trims.

One Reply to “Bagaimana Status Kesehatan Bisnis Anda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + seven =