Bisnis Lagi Rame Pake Tapi

Bisnis Lagi Rame Pake Tapi

Bisnis Lagi Rame Pake Tapi
Bisnis Lagi Rame Pake Tapi. Pic Source: servicecheck.ee

Siapa Yang Bisnisnya Sedang Rame?

Selamat malam. Jumpa lagi ditulisan saya kali ini. Topik yang menarik bukan bahasannya?

Pertanyaan saya, siapa dari Anda-anda semua yang bisnisnya sedang rame? Hayo tunjuk jari? Selamat saya ucapkan.

Disaat yang lain sedang kesulitan karena ada faktor trade wars (bukan starwars ya) jadi ikut berimbas ekspor ke US sulit. Yups, kita sebagai pemilik bisnis musti putar otak terus jadinya.

Nah, sedang rame bisnis, apakah nda putar otak? Oh tentu tidak, pastinya kalau bisnis Anda sedang rame-ramenya, pasti ada kendala disatu atau dua hal. Nda percaya? Mari kita bahas ya dibawah, salah satu keluhan dari teman saya.

Bisnis Lagi Rame Pake Tapi Performa Tim Kurang Nih

Curhat teman saya, bisnis gw lagi rame bro, tapi kok performa tim dirasa kurang nih. Ada pipeline (potensial buyer) dikantor gw, tapi gimana nih ajak tim supaya bantu-bantu gitu.

Saya belum bisa jawab, hitung-hitung mikir sambil nyeruput segelas kopi kenangan mantan less ice dan less sugar (favourite).

Jawab saya, itu yang namanya nice problems bro. Masalah jualan sudah beres, sekarang tinggal fokus yang namanya delivery (deliver the job sesuai dengan standar dan kemauan customer).

Artinya sudah naik kelas kan dikau? Mari kita bedah bareng ya, kira-kira bro kita satu ini bisa dibantu dari sisi apa dan action plannya seperti apa.

Nda cukup nih segelas kopi kenangan mantan, musti tambah lagi nih. Mikir soalnya.

Mulai Dari Mana Memperbaikinya

First thing first.

Kalau urusan tim, artinya kita harus tahu, tim yang kita miliki itu sudah sesuai dengan job desc atau belum dengan kerjaan yang kita inginkan.

Nda mungkin kan, kerjaan analisa dikasi ke tim yang administrasi, bubar jalan Mas Bro dan Mba Sis.

Nah, urusan tim yang ideal dan cocok dengan pekerjaan yang akan dikerjakan, itu domainnya bagian HR dan operasional. Duet maut kedua bagian itu, outputnya bisa badai (oke maksudnya) dalam menjawab tantangan customer.

Lalu?

Setelah komposisi dan konfigurasi tim sudah cocok, coba dicek, tim Anda itu tipikalnya termotivasi dengan apa? Nah maksudnya gimana Mas Ndaru?

Ada yang to the point suka dan tergiur sama yang namanya dollar (aka money). Tapi jangan salah, ada yang suka yang namanya aktualisasi diri atau pengen disanjung dan dipuji teman-temannya, ada-ada aja bukan?

Kita sebagai leader dan owner bisnis, musti tahu nih, motivasinya dari sisi apa. Mudah? Nda sih, pengalaman saya nda mudah. Tapi bisa dilakukan kan?

Yang terakhir, sebelumnya baca dan mampir artikel-artikel dibawah ini kalau mendukung tulisan saya ya:

Belajar dari film The Intern

Belajar Technical Acumatica

5 Tips Mengatasi Permasalahan Pembukuan Usaha

Terimakasih, yuk kita lanjutkan.

The Last One

Yang terakhir adalah Anda harus sering bergaul dan bersama tim Anda. Mungkin Anda nda tahu kebutuhan mereka apa.

Coba tanya, bro and sis, butuh bantuan gw apa nih untuk bantu kerjaan kalian? Mungkin Anda bisa bantu, mungkin Anda bisa cari orang yang bisa bantu. Always kasi solusi untuk mereka.

Kalau nda mempan juga? Mungkin build another team kali ya? Ha3.. Ekstrem? Yups, tapi kalau Anda sudah nda bisa jalankan strategi yang lain, mungkin tim Anda sudah semaksimal mungkin bantu Anda dan sebaiknya coba cari personel lain yang (mungkin) bisa bantu solve masalah Anda.

Tidak setuju? Boleh share aja pandangan temen-temen semua? Namanya juga sharing dan tukar pikiran bukan?

Kebetulan nih, kita lagi cari tim freelance developer .Net dan C# untuk memperkuat tim kita. Tertarik? Masukin lowkernya saja via link ini: Technical Consultant.

Atau mau join tim nya Mba Euis sebagai sales admin, syaratnya sederhana, cewe, good looking (pake foto ya kirim cv-nya), jago yang namanya administrasi soal penjualan dan ketje banget buat powerpoint (musti ditunjukkin nih saat interview). Bisa japri langsung dinomor ini: 0815 8690 2500

Cape juga nih nulisnya. Yang mau kenalan lebih lanjut, bisa add saya via Linkedin. Ada dilink nama saya dibawah. Cheers.

Daru

One Reply to “Bisnis Lagi Rame Pake Tapi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + seventeen =