Kenapa Perusahaan Mencari Fresh Graduate

Kenapa Perusahaan Mencari Fresh Graduate

Kenapa Perusahaan Mencari Fresh Graduate
Kenapa Perusahaan Mencari Fresh Graduate. Pic Source: idntimes.com

Selamat Bagi Anda Yang Sudah Lulus Kuliah

Ok, sebelum saya masuk ke topik bahasan sharing blog saya kali ini. Saya mau mengucapkan selamat bagi Anda yang sudah dinyatakan lulus dalam masa perkuliahan.

Jadi inget waktu masih mudah dulu (lah, kesannya sudah tua ya), begitu saya menghubungi salah satu intern yang tahun lalu ditempat kami, sunartha.

Ketika saya menghubungi, saya tanyakan kabarnya dan bagaimana skripsi? Jawabnya, sudah beres dan sudah lulus nih Pak. Wah, selamat ucap saya.

Memang 2 orang mahasiswa yang intern ditempat kami, terbilang pintar dan pandai bergaul, ingat saya ketika mereka saya interview sebelumnya.

Good job guys and girls.

Bagi Anda yang baru join dan baca blog saya, selamat datang. Jangan lupa baca tulisan saya (curhat lebih tepatnya) yang lain ya. Ok? Enjoy your time.

Kenapa Perusahaan Mencari Fresh Graduate

Judul diatas saya ambil, karena saat ini, kami di sunartha cukup mempunyai kendala dalam mencari dan mendidik yang namanya tim (kalau startup dibilang talent ya).

Kenapa tidak, kami bergerak dibidang jasa atau services. Dimana pekerjaan yang berjalan pastinya membutuhkan tim untuk melakukan pekerjaannya.

Spoiler sedikit ya, bisnis yang kami jalani saat ini bergerak dalam kategori konsultasi kepada perusahaan menengah dan besar dalam hal implementasi teknologi yang membuat bisnis customer kami tambah maju.

Contoh dalam adopsi teknologi analisa data menggunakan Tableau dan juga seperti implementasi Cloud ERP seperti Acumatica. Yes, kedua produk tersebut merupakan produk dari luar Indonesia asalnya.

Lalu topik yang saya bawa sekarang, kenapa rata-rata perusahaan seperti kami ini mencari fresh graduate atau teman-teman yang baru lulus kuliah? Idenya sederhana, karena teman-teman yang bergabung pasti akan mendapatkan coaching lagi.

Artinya lulus dari perkuliahan belum tentu akan dapat langsung kerja (kalau ditempat saya ya). Saya baca-baca juga, bahkan di perusahaan startup pun sama juga.

Dilema Saya dan Teman Bisnis Lainnya

Yang menjadi dilema bagi saya dan mungkin bagi teman-teman pemilik bisnis lainnya adalah disaat kita membutuhkan tim baru untuk mengisi posisi tersebut, akan ada yang namanya jeda waktu.

Betul, jeda waktu karna kami harus mencari dahulu talent yang akan kami coaching. Itupun sulit. Tim saya curhat, Pak CV yang masuk ke kita itu banyak banget, tapi kenapa secara background kok sulit ya untuk menentukan, apakah kita panggil atau nda.

Nah, bener-bener dilema kan. Bagi bisnis, untuk hiring itu mudah. Tetapi menemukan metode untuk mencari apakah dia orang yang tepat, itu sulitnya minta ampun. Jadi kayak nyari pacar ya? He3, let’s continue.

Sudah gitu, klo misalkan ok, proses coachingnya pun butuh resources, selain waktu, pendampingan, proses dan masih banyak lagi.

Sulit? Pasti. Buat kita dan buat teman-teman yang baru join.

Solusi atas Permasalahan Kita Bersama

Saya jadi berpikir. Kalau misalkan masalah ini banyak ditemui oleh para pemilik bisnis, manajemen bisnis, masak nda ada solusinya sih?

Secara kami terlatih (atau kepepet lebih tepatnya) mencari solusi atas permasalahan client, saya jadi berpikir, apakah mungkin ya kita mengadakan intern proses (bukan probation ya) saat menerima kandidat yang mungkin kita anggep qualified untuk posisi tersebut.

Jadi gimana nih teknisnya?

Yang pasti, bukan probation konsepnya tetapi lebih mengenalkan pekerjaan yang akan dikerjakan kepada kandidat tersebut dalam skala yang mereka akan pahami dan waktu yang lebih pendek.

Mungkin seperti MDP kali ya. Jadi akan ditandem dengan para senior yang sudah paham proses kerjanya dan mereka akan diberikan role sesuai dengan kemampuan mereka.

Interesting? Harus nih. Curhatnya jadi panjang ya ternyata.

Menurut kalian bagaimana? Karena terus terang saya melihat, kok sayang ya dari sekian banyak CV yang masuk, kok kita nda bisa proses atau at least saya kasi kesempatan.

Tapi kesempatan juga termasuk hal yang buat para pelaku bisnis harus hitung dengan cermat bukan? Ok, mungkin tulisan ini bisa saya lanjutkan dengan topik yang sama ditulisan yang berbeda.

Jangan lupa mampir ditulisan saya yang lain seperti dibawah ini ya. Ok? Thanks.

Cara Mengembangkan Bisnis

Pelatihan Tableau di Jakarta

Regards,
Daru

One Reply to “Kenapa Perusahaan Mencari Fresh Graduate”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × one =