Bagaimana Memulai Bisnis

Bagaimana Memulai Bisnis

Bagaimana Memulai Bisnis
Bagaimana Memulai Bisnis. Pic Source: Kompasiana.com

Belum Ada Modal Bro

Selamat pagi Bro dan Sis. Selamat istirahat dan selamat hari minggu.

Gimana liburan kemarin? Habis gajian, duit nambah direkening bank, jangan langsung dibelanjain semua ya.

Ingat judul diatas. Kalau mau mulai usaha dan bilang belum ada modal bro, lah gimana mau ada modal kalau duit gajian/penghasilan rutin bulanan sudah dihabiskan aja beli barang-barang sale? Nah lho.

Ok, saya bukan aliran nda boleh belanja lho ya. Belanja boleh. Saya juga suka belanja. Tapi belanja yang sesuai dengan rencana hidup saya tentunya.

Misalkan, saya ingin banget punya smartphone terbaru (ngincer Pixel 4 nih), saya harus nabung dan nabungnya dari hasil bisnis saya.

Jadi kita lebih tertantang untuk menahan keinginan dan memprioritaskan dengan belanja dari hasil yang kita sudah dapatkan bukan dari penghasilan utama kita, contoh disini gaji ya.

Jadi, kalau ditanya, modal dari mana? Kita harus siap nabung ya untuk memulai bisnis. Btw, bisnis disini bukan untuk beli pabrik atau modal besar ya. Bisnis disini mulai dari hal kecil, lalu bisa membuktikan bisnis kita jalan dan bisa berkembang.

Kita lanjut ke topik utamanya ya.

Terus, Bagaimana memulai bisnis

Topik ini akan saya bahas bagaimana memulai bisnis.

Sederhana. Ya mulai aja.

Ok, tapi bagaimana Mas? Kan saya bingung mulainya. Sabar, sabar.

Sekarang saat ini memulai bisnis itu nda harus yang besar, mewah, megah dan serba ideal.

Ideal dalam artian sudah punya karyawan tetap, punya kantor disudirman, atau punya pabrik berhektar-hektar dikawasan industri.

Memulai bisnis bisa dari membuka account disalah satu online commerce seperti Tokopedia, Shopee atau bahkan membuka akun IG.

Produk? Jasa? Susah menentukan? Waduh. Kreatif dulu Mas dan Mbak.

Banyak sekali produk dan jasa yang minta dipasarkan oleh pemasar seperti Anda. Bahkan produk saya, wah promosi juga nih sekalian.

Jadi, 2 hal sudah terjawab ya. Poin ketiga yang penting menurut saya adalah Anda harus tahu caranya bagaimana. Produk, jasa, bisnis tetapi tidak tahu caranya, itu yang membuat bisnis Anda stuck atau nda kemana-mana.

Seperti sudah cape-cape buat dan desain warung kopi kekinian tapi nda tahu jual kemana atau parahnya, nda tahu cara jualannya. Waduh.

Mengembangkan Bisnis

Poin ketiga ini yang penting adalah Anda tahu cara untuk menyampaikan bisnis ke orang-orang yang berpotensi untuk membeli produk dan jasa Anda.

Simple things. Seperti dikantor saya. Kita coba pake Instagram untuk menawarkan produk dan jasa senilai 1 Milyar. Menurut ngana, ada yang langsung beli? Tentu tidak ferguso.

Iya kalau mereka yang lihat pas anak pemilik bisnis, atau pemilik bisnis mungkin saja. Tetapi kalau orang biasa, bukannya senang diiklankan begitu, malah nda lanjut untuk follow akun instagram kita. Benar?

So, everything must be learnt and tested. Nda semerta-merta langsung pasang web, semua langsung mampir. Anda tetap harus promosi. Anda harus juga beriklan contohnya. Duitnya dari mana? Ya, tadi kan nabung dulu dipoin awal, betul?

Enjoy your proses Mas dan Mba. The moment will come. Setelah menemukan deal-deal kecil, pasti Anda tambah semangat. Seperti saya tentunya. Nda langsung lho nemu deal besar. Pasti mulai dari yang sederhana dahulu.

Keep enjoy karna at end, itu yang kita mau cari kan dari mempunyai bisnis sendiri. Not just for the money ya.

Kesimpulan

So, setelah berbagi sedikit tips diatas. Kira-kira masih takut atau sudah bisa membulatkan tekad untuk memulai bisnis?

Mulai aja Bro and Sis. Bukan menjerumuskan ya, cuma kalau tidak dicoba ya tidak akan tahu pembelajarannya. And the last thing that i’ve to told you, siapkan dana cadangan jika bisnis Anda gagal.

Yes, tidak ada yang menjamin bisnis Anda 100% sukses. Bisa ada aja variabel yang menentukan kesuksesan bisnis Anda. Tetapi pembelajarannya yang terpenting menurut saya.

Bicara tentang belajar, ini ada 2 artikel yang menurut saya menarik untuk dibaca dan dipelajari. Sok atuh mampir. Dukung saya dengan membaca artikel saya yang lain ya.

Selamat berusaha, mencoba dan share disini kalau Anda ingin berbagi pengalaman bisnis dan merintis bisnis Anda.

Cari Ilmu dulu atau Gaji?

Belajar Sistem ERP

Salam,

Daru

2 Replies to “Bagaimana Memulai Bisnis”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − two =