Acumatica bagi Perusahaan dibidang Jasa (Services)

No category

Mungkin bagi sebagian akuntan, mencatat transaksi diperusahaan jasa merupakan pekerjaan yang mudah. Tidak mempunyai harga pokok penjualan layaknya perusahaan dagang dan pabrikasi. Namun kalau manajemen menanyakan mengenai pertanyaan ini, bagaimana Anda sebagai akuntan menjawabnya? “Apa sajakah biaya langsung terkait dengan penjualan untuk jasa tersebut?”

Ok, sekarang kita bahas ya, bagaimana Acumatica Cloud ERP dapat menjawab pertanyaan tersebut. Acumatica mempunyai fitur Kode Akun (Chart of Account) dengan sub level dibawahnya yang dinamakan Sub Account.

Contoh sederhananya seperti ini. Kita ambil contoh perusahaan jasa outsourcing (alih daya karyawan). Apabila perusahaan jasa mempunyai matriks untuk pendapatan jasa adalah jasa regular dan jasa non reguler. Bisa dinamakan rutin dan tidak rutin. Kemudian mempunya beberapa customer, ambil contoh saja P&G dan Unilever. Kemudian perusahaan tersebut mempunyai cabang di Jakarta dan Surabaya.

Bagaimana cara Anda sebagai Akuntan memfasilitasi tersebut? Yup benar, dengan ditambahkan digit di akun nya bukan? Apa akibatnya? Akan ada daftar yang sangat panjang untuk kategori jasa, customer dan cabang. Coba bayangkan apabila tiap masing-masing daftar tersebut terdiri dari lebih dari 10.

Ok, sekarang bagaimana dengan di Acumatica Cloud ERP. Pertama-tama kita akan fasilitasi kebutuhan tersebut pada level sub-account. Akan ada subaccount untuk kategori Jasa, kategori Customer dan kategori Cabang.

Masing-masing kategori dapat bertambah sesuai dengan kebutuhan perusahaan 5-10 tahun kedepan. Contohnya seperti ini nantinya :

Subaccount 1 : Reguler – P&G – Jakarta

Subaccount 2 : Reguler – P&G – Surabaya (Dan seterusnya sampai semua subaccount terfasilitasi).

Dengan begini, akun yang dimiliki akan tetap lean (Ramping) dan akuntan dapat menganalisa biaya lebih tepat berdasarkan masing-masing subaccount yang diwakilkan oleh Profit & Loss by Subaccount.

Demikian sharing kami mengenai fitur subaccount di Acumatica Cloud ERP. Butuh diskusi lebih lanjut untuk penerapan subaccount di perusahaan Anda? Hubungi email kami di ask@smartcounting.com atau twitter kami di @purwandaru_w

Salam

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 9 =