Manufaktur : JAMS di Acumatica tentang Bill of Material

No category

Selamat Pagi,

wah udah lama banget nih ga berbagi via thread ini. Karna sok kesibukan (wkwkw) sekarang kita lanjut lagi yah.. Ok, sekarang acumatica uda fokus ke versi 5.10. Rilis yang terbaru itu uda di 5.10.0726 yang sudah ane test. Tetapi sebenernya masih ada yg lebih baru lagi. Secara Acumatica itu cepet banget keluarin rilisnya, so bagi agan-aganwati yg kantornya mau pake acumatica, sebaiknya rutin bayar yearly maintenance nya (sorii iklan dikit yak )

Okeh, lanjut sama bagi-bagi ilmunya. Ane sekarang lagi coba acum terbaru sama modul manufaktur buatan JAAS (Bukan tukang jas yak)
So, disini ane bisa sharing bertahap fitur apa aja yang uda ada dimodul manufakturnya.

1. Bill of Material
Nah, klo perusahaan agan dan aganwati gawe itu pabrik, pasti butuh banget yang namanya fitur ini (ane dan temen2 biasanya singkat jadi BOM, tapi klo lagi ditelp jgn bilang2 yak, ntar dikira tero*is wkwkw
Nah tampilannya bagaimana sih.. cek gambar di bawah ini yak..

BOM, JAMS, Acumatica, Manufacturing

BOM, JAMS, Acumatica, Manufacturing

Gunanya apa sih BOM itu? Begini, menurut teori, kebanyakan perusahaan dengan bidang manufaktur/pabrikasi adalah menggabungkan beberapa bahan baku, jasa dan kawan-kawannya menjadi 1 atau lebih bahan jadi. Istilah kerennya Raw Material menjadi Finished Goods (Caelah… baru belajar bahasa inggris nih).

So, dengan fitur ini, agan-aganwati bisa masukin tuh komponen biaya apa aja ke dalam sistem acum nya. Contoh produksi yg gampang deh. Bikin bakwan jagung (jadi ngiler puasa2 begini mikirin makanan)

Ok, kita bedah ya. Bakwan jagung itu terdiri dari bahan baku tepung, minyak dan jagungnya sendiri sesuai komposisinya. So, klo 1 bakwan jagung contoh membutuhkan 1 Gram tepung, 1 Liter minyak dan 10 biji jagung, maka itu adalah bill of material kita. Ngerti kan?

Nah utk aplikasi lebih kompleksnya bisa ditambahkan biaya/upah menggoreng, biaya packing, dan biaya penyusutan dari pabrik itu sendiri. Rumit? So pasti, karena namanya juga modul pabrikasi. Tapi klo mau kita diskusi2 lebih lanjut boleh aja sih (sambil ngiler cari bakwan jagung)… sipp..satu dulu yah.. besok kita bahas tentang Production Order dan MRP.

Selamat hari senin dan sukses

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 1 =