Akuisisi dan Konglomerasi

No category

Belakangan  ini nambah ilmu baru untuk dua hal tersebut, akuisisi dan konglomerasi. Gimana sih ceritanya, coba saya share ya.

Perusahaan konglomerasi merupakan perusahaan-perusahaan yang memiliki banyak perusahaan dibawah 1 perusahaan induk. Biasa disebut holding. Nah, seringkali juga, perusahaan induk tersebut membeli perusahaan-perusahaan lain diluar grup untuk ekspansi usaha atau mengamankan pasokan barang ke perusahaan utama mereka (supply chain).

Akuisisi biasanya sering dilakukan ke perusahaan yang masih terbilang baru dengan keterbatasan modal untuk ekspansi. Dengan begitu, nilai akuisisinya akan lebih murah daripada membeli saat perusahaan yang akan dibeli sudah mature (mapan).

Ok, terus bagaimana cara berhitungnya kira-kira? Ada metode valuasi yang biasanya dijadikan patokan oleh perusahaan yang akan melakukan akuisisi tersebut. Rumit dan detail banget prosesnya. Intinya adalah, berapa nilai yang pantas yang disepakati oleh pihak penjual dan pembeli. Dalam hal ini yang diperjualbelikan adalah saham perusahaan ya.

Setelah ketemu angkanya, barulah terjadi transaksi jual-beli saham tersebut. Biasanya disertai ada beberapa klausal yang mengikat. So, insight-nya segitu dulu ya.. nanti kita lanjut kebagian berikutnya.

Salam Sukses,

PW

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + 7 =