Pencerahan

Bisnis

Pencerahan.

Pencerahan

Credit pic : The Best You Magazine

Pernahkah Anda merasa menghadiri sesuatu acara, event atau meeting dan setelah acara tersebut berlangsung, Anda mendapatkan sebuah pencerahan?

Yes, saya juga pernah. Bahkan hari ini.

Pencerahan atau bahasa jawanya enlightenment (mudah-mudahan benar ya) itu seperti ada sesuatu yang membuat otak kita merasa plong atau Aha moment orang-orang startup menyebutnya.

Ok, saya sharing ya apa saja yang saya lakukan hari ini.

Saya terinspirasi untuk menulis seperti ini setelah menonton film Star Trek. Anda tahu kan Captain Log nya USS Enterprise, ya kira-kira begitulah, klo saya mungkin catatan kecil keseharian saya.

Kembali ke topik.

Hari ini ada 3 meeting yang saya hadiri.

Meeting pertama : Workshop Tableau disalah satu kantor client

Okay, kantor saya merupakan salah satu partner Tableau di Indonesia. Apa itu Tableau, klik saja ya dihyperlink yang ada. (Penasaran dengan Tableau?)

Hari ini saya mendapatkan kesempatan untuk membantu eksisting client kami yang sudah membeli Tableau dan kebetulan kedua adalah mereka adalah startups.

Pencerahan pertama adalah pembicaranya, Pak Rudy (masternya Tableau) membawakan materi yang membuat peserta tersepona, eh terpesona ya.

Kenapa? Karena beliau sangat menguasai Tableau dan mampu menunjukkan kemampuan Tableau yang diinginkan oleh tim diclient saya. Yes, misi Tableau adalah membuat Anda mengerti data yang Anda miliki.

Kami membahasa mengenai bagaimana Tableau mampu menyajikan Analisa Sentimen, membuat perhitungan didalam Tableau (yang biasanya kita lakukan diexcel), melakukan analisa trend, rata-rata dan masih banyak lainnya.

Sesi yang padat, 2 jam, mampu membuat tim internal diclient merasa mendapatkan pencerahan, tentunya saya juga.

Meeting kedua : Integrasi Software Klinik dengan Acumatica diclient lainnya

Siapa yang nda ingin software yang dipilih fit-in dengan perusahaannya? Semua ingin bukan? Cuma pertanyaannya apabila tidak memungkinkan mencari software yang bisa semua (tanpa mahal tentunya) pilihannya integrasi.

Nah, Acumatica (kantor kami juga sebagai partner di Indonesia) mempunyai opsi untuk melakukan integrasi dengan software lain.

Case kali ini adalah integrasi data transaksi klinik yang ingin diintegrasikan ke Acumatica sebagai Back-End yang akan handle data keuangan, persediaan, project dan tentunya data warehouse.

Bisa? Pasti.

Pencerahan kedua : dengan fitur import dari database (yang sudah dikonfigurasi sebelumnya tentunya), business user tidak perlu repot lagi yang namanya input satu per satu. Pekerjaanya akan lebih ke analisa dan analisa.

Mudah bukan?

Sebelumnya, jangan lupa baca tulisan saya mengenai Acumatica di tahun 2017 ini, berikut link nya Acumatica ditahun 2017

Meeting ketiga : Venture Capital dan KoinWorks, Startups Session on DailySocial HQ

Okay, meeting ketiga mungkin bisa dibilang workshop dengan topik dan tema mengenai startups.

Topik yang selalu ingin diketahui para pemilik mimpi untuk berusaha dibidang startup. Apalagi soal pendanaan dari Venture Capital atau Peer to Peer Funding.

Pembicara dari Venture Capital Spiral Venture (dulu IMJ kalau nda salah) adalah Mba Karissa (Linkedin) dan yang kedua adalah dari Jonathan (Linkedin) wah dipikir-pikir saya baik banget ya, endorse pembicara 🙂

Topik yang dibagikan sangat menarik dan membuat saya mendapatkan pencerahan ketiga. Bagaimana pola pikir VC terhadap startups. Bagaimana pola pikir Peer to Peer platform terhadap kebutuhan dana dari pemilik bisnis.

Mereka masih sangat muda dan sudah mempunyai pengalaman yang menurut saya luar biasa. Musti sering-sering dateng nih #selasastartupnya DailySocialID.

Oke, ketiga pencerahan kali ini sudah saya bagikan. Bagaimana menurut Anda? Ingin berbagi mengenai pencerahan yang Anda pernah dapatkan?

Hubungi saya ya.

Salam,
Daru

Saat ini saya sebagai managing director di Sunartha kami mempunyai visi untuk membantu medium size business mendapatkan growth optimal dari implementasi tools yang tepat. Kami partner produk Cloud ERP Acumatica dan Tableau Business Intelligence Tools. 

 

Tags:

One response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × four =