Retail – A whole new world for Me (Belajar)

Wah, sudah lama juga ya ternyata ga lanjut nulis Blog ini. 2 Bulan penuh dengan kesibukan kerjaan (alasan-red).

Ok, sekilas mengenai judul diatas, Retail – A whole new world for me. Kenapa kupilih judul diatas? Tidak lain dan tidak bukan karena pekerjaan selama 2 bulan ini berkutat dengan Retail Industry.

Retail identik dengan receh, ribet dan pusing sama stok yang super duper gedenya. Nah lho, kenapa juga orang pada mau usaha bisnis retail ya? Jawabannya adalah cashnya dibandingkan dengan bisnis lain ya. Ok, back to topic

Pengalaman saya dan temen-temen implementasi sistem lebih ke pabrikasi dan jasa, selama beberapa tahun sebelumnya. Tetapi kali ini Tuhan memberikan pengalaman baru, yups implementasi dibidang retail.

Ilmu baru, kenalan baru, kerumitan baru. Tetapi yang baru-baru membuat kita lebih maju daripada orang pada umumnya bukan? Ok, case yang menarik dibisnis Retail adalah (dari sisi implementator sistem dan manajemen ya) :

  1. Bisnis Retail itu butuh analisa persediaan yang ADVANCE

Kenapa advance dan canggih? Bayangkan dengan jumlah barang sekitar puluhan ribu SKU (Satuan Jenis Barang), manajemen musti tau tuh, yang mana yang perlu dibeli di season-season berikutnya. Gile.. Uda mirip-mirip cenayang sih. Klo salah beli, amsyong (Rugi bandar).

2. Bisnis Retail itu butuh data yang AKURAT

Analisa uda bener, datanya yang ga bener. Nah, seringkali kejadian tuh. Misalkan setelah diolah dan dioprek tu data, keluar rekomendasi beli sepatu cowo, tipe x, ukuran y, dan warna z. Nah, datanya salah waktu dientry sama tim di toko, hadeuh… udah deh jadi deadstock (barang mati) istilahnya retailers. Diskon? Mau ga mau deh daripada ulangtahun he3… becanda..

3. Bisnis Retail itu marginnya tipis

Jadi biasanya tim itu limited/terbatas. Si A musti bisa lakuin kerjain si B dan sebaliknya. So,dengan margin yang terbatas, musti bisa jalanin overhead (biaya tetap) dengan optimal (bukan pelit yak). Nah, seru kan? Kompensasinya adalah cash turnovernya lebih baik dari industri contoh project based.

Ok, mungkin sharingnya 3 dulu ya kali ini, nanti kita coba lanjut bahas dari sisi sistemnya. Kebetulan client pake acumatica, dan optimal banget deh tuh function yang ada.

So, tunggu tulisan berikutnya ya

Have a nice weekend

PW

CategoriesUncategorized