Solusi Cloud ERP 2016 : Acumatica di Indonesia

No category

Solusi Cloud ERP 2016 dengan adanya Acumatica di Indonesia. Tahun baru, 2016 merupakan babak baru bagi pelaku usaha. Dengan hasil 2015 yang mayoritas pelaku usaha menghadapi tantangan yang tidak mudah, contoh jatuhnya harga komoditi tambang, kurs dollar yang sangat berfluktuasi tapi ada juga beberapa sektor yang bisa maju pesat karena mendapat berkah dollar tinggi seperti perkebunan.

Bagaimana menghadapi tahun 2016 yang disebut tahun monyet api ini? Apakah perekonomian Indonesia masih kontraksi dengan perlambatan ekonomi dunia? Ditambah lagi dengan Masyarakat Ekonomi Asean yang sudah siap menjadikan pasar Indonesia sebagai tujuan negara-negara Asean lainnya?

Yang pasti ditengah ketidakpastian tersebut, yang paling mungkin adalah mengendalikan biaya. Opex (operational expenditure) maupun Capex (capital expenditure) musti diawasi dan dijaga dengan baik.

Bagaimana caranya? Nah saat ini tools untuk mengawasi operasional usaha sudah banyak tersedia dipasaran. Salah satunya adalah produk ERP (Enterprise Resources Planning). Vendornya ada bermacam-macam. Dari Tier I dengan SAP, Oracle dan Microsoft Dynamics sampai dengan Tier berikutnya seperti Infor, Epicor dll.

Tetapi kendala terbesar pelaku usaha saat ini adalah cashflow atau capital. Dimana kondisi ekonomi yang belum pasti begini, optimalisasi cashflow sangatlah penting. Maka dari itu ada opsi lain untuk investasi tools tersebut yang ditawarkan oleh Acumatica.

Acumatica merupakan generasi terbaru Cloud ERP dimana lahir ditahun 2008 dengan teknologi dot net (.Net) dan C# (ya microsoft sekali). Yang mempunyai keunggulan dengan opsi sewa. Mungkin untuk produk sejenis dari luar negri jarang ada yang menawarkan opsi tersebut, tetapi Acumatica membaca peluang tersebut.

Pasalnya, dengan opsi sewa, pelaku usaha dapat mengoptimalkan cashflow dari model investasi didepan menjadi opex tiap tahunnya dengan teknologi dan fitur yang sama. Menguntungkan bukan?

Asumsi investasi sistem ERP diangka 2Milyar IDR atau 200 Ribu USD apabila diinvestasikan ke mesin produksi ataupun working capital, return yang dihasilkan akan jauh lebih tinggi.

Namun masih banyak pelaku usaha yang masih belum mengetahui hal  ini. Pekerjaan kami lah untuk mengedukasi hal tersebut.

Selamat menikmati liburan dan selamat mempersiapkan tahun 2016 dengan lebih baik lagi.

Regards,

Purwandaru

Tags:

One response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × three =