Tutup Buku Laporan Keuangan 2015

No category

Tutup buku laporan keuangan 2015, ya itulah yang saat ini kemungkinan besar dilakukan oleh bagian accounting diperusahaan. Lembur merupakan kegiatan yang biasa dilakukan diawal tahun baru.

Pertanyaannya adalah kenapa sih bagian accounting harus lembur-lembur terus kerjanya tiap akhir tahun? Bagi yang sudah tahu jawabannya mungkin mudah untuk mengerti, tetapi saya coba bantu menjelaskan ya.

Bagian accounting atau pihak nya disebut akuntan, diakhir tahun ini mempersiapkan laporan keuangan perusahaan. Yang ini khusus perusahaan tahun buku dari periode Januari sampai dengan Desember ya.

So, apa yang dikerjakan sampai lembur begitu? Pertanyaan bagus. Yang dikerjakan seperti akuntan pada umumnya dan sebenarnya rutin untuk tiap awal bulan untuk laporan keuangan tiap bulan. Yaitu : melakukan pencatatan transaksi, menjurnal transaksi tersebut dan melakukan rekonsiliasi terhadap data-data yang tercermin dalam laporan keuangan seperti posisi kas dan bank, posisi piutang dan hutang dan masih banyak lagi akun-akun yang harus divalidasi sebelum menjadi laporan keuangan.

Tetapi hal ini jadi masalah besar apabila pekerjaan akuntan tersebut dirapel. Dikebut untuk proses akhir tahun tetapi tidak per bulan. Nah, pe er banget bukan? Makanya harus sampai lembur-lembur. Lalu terkadang data yang mau diinput pun masih terus berubah atau ada data yang tertinggal karena bagian lain belum memberikan data, waduh, tambah pusing lah.

So, tolong dihargai ya temen-temen yang bekerja dibagian ini. Selain musti teliti (klo ga, pasti ga balance) dan pada sabar-sabar ga bisa bersama keluarga diakhir tahun untuk kerjain laporan keuangan kantornya.

Tetap semangat ya yang masih lembur kerja dikantornya dihari libur ini.

Regards,

Daru

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − two =