Apa Tugas Konsultan ERP

Apa Tugas Konsultan ERP

Apa Tugas Konsultan ERP
Pic Credit : @cottonbro

Welcome, Jobseeker

Hi dan halo bagi Anda yang mampir ke tulisan saya kali ini, karena tertarik sebenarnya apa pekerjaan konsultan ERP itu?

Baik, sebelum kita mulai, saya mau menyambut yang baru pertama kali berkenalan dengan saya, Daru dari Sunartha.

Saya sering berbagi tentang topik mengenai bisnis, ERP dan tools kekinian lainnya yang menurut saya harus dibagikan untuk membantu para pelaku bisnis maupun organisasi lain, tambah baik dan maju kedepannya.

Tulisan kali ini saya ambil dari pengalaman saya sendiri, dan juga mungkin beberapa artikel yang saya baca dan menurut saya menarik untuk diinformasikan kepada pembaca blog kali ini.

Jangan lupa mampir dan baca tulisan saya yang lain ya seperti dibawah ini. Biasanya saya promosi diakhir, tapi kali ini saya mau promosi diatas saja. Ok?

Terimakasih lho yang mau mampir. Klik dan masukan Anda sangat berharga untuk pengembangan blog ini kedepan.

Bekerja Disaat Pandemi.

Webinar Tableau Series: A Measure to Succeed in the Digital Era

Apa Tugas Konsultan ERP

Baik kita mulai ya. Bagi Anda yang belum terbiasa dengan istilah ERP, nanti saya sertakan link ya yang membahas tentang ERP.

Bagi Anda yang sudah tahu, boleh dong dikasi masukannya ke saya, topik ERP apa yang menurut Anda perlu saya bahas lagi kedepannya. Kadang dibantu untuk ide, cukup menyenangkan lho.

Tugas konsultan ERP, utamanya adalah membantu sebuah organisasi yang mempunyai aktivitas implementasi program ERP itu sendiri.

Ya, itu tugas utamanya. Nah, dari tugas utama itu, kita bisa bagi menjadi beberapa task (runutan tugas) yang disaat implementasi sistem, kita akan dalami diartikel kali ini.

Aplikasi ERP menurut saya pribadi, bukanlah aplikasi yang bisa langsung digunakan seketika Anda melakukan instalasi.

Jadi, tahapannya cukup rumit seiring kompleksitas bisnis dari organisasi itu sendiri.

Coba bayangkan, kalau ada implementasi sistem yang bisa menahun durasinya, segitu kompleksnya bisnis yang akan dimasukkan kedalam aplikasi ERP.

Tetapi tahapan tugas bisa dimulai dari ini kok untuk konsultan ERP:

Asesmen atau melakukan pengecekan alur bisnis, data dan dokumen

Setiap organisasi, pasti akan berkaitan dengan data, dokumen, alur kerja bukan? Nah, tugas awalnya konsultan ERP akan melakukan survey, asesmen, interview dan aktivitas pencatatan alur tersebut sehingga mereka paham dengan customer yang ingin diimplementasikan.

Mudah? Tentu tidak. Coba bayangkan Anda melihat organisasi besar seperti Pabrik Kendaraan Bermotor. Seluruh bagian perlu dilakukan evaluasi dan dianalisa.

Kemudian muncullah dokumentasi seperti blueprint atas bisnis itu sendiri. Dan tentunya, karena modul ERP cukup banyak, seringkali dibutuhkan tim yang tidak sedikit juga ya.

Kembali lagi tergantung pada scope pekerjaan dan kompleksitas bisnis itu sendiri.

Konfigurasi dan Testing

Setelah tahu apa yang dikerjakan dan alur bisnisnya, konsultan ERP akan melakukan konfigurasi atas aplikasi yang mereka gunakan untuk menyesuaikan kepada alur kerja yang ada.

Maka dari itu seringkali ada istilah “Best Practise” dimana bisnis yang akan coba mengikuti alur sistem. Tetapi pada kenyataannya seringkali setiap bisnis itu unik.

Ya, unik alurnya, unik people dan manajemen didalamnya. Karena mereka punya keunikan tersebut, pada satu titik, bisnis terkadang menghendaki adanya penyesuaian sistem kepada keinginan mereka.

Kita namakan itu “Gap“. Jadi definisi disini adalah perlunya modifikasi atas sistem untuk menyesuaikan bisnis proses suatu organisasi.

Kalau sudah dikonfigurasi, seperti yang kita tahu, perlu diadakan testing atau ujicoba secara runut dan baik untuk memastikan konfigurasi yang kita miliki sudah tepat.

Nah disini diuji cukup banyak tuh, mulai dari proses entry, proses output data yang dihasilkan, printout form dan report bahkan sampai ke proses jurnal.

Cukup menantang bukan profesi konsultan ERP? Cukup seru kalau menurut saya.

Oh iya, seringkali juga kita harus berdiskusi dengan tim customer yang pengalamannya cukup banyak dan dengan latar belakang yang berbeda-beda. Maka dari itu diperlukan skills seperti komunikasi dan fokus atas diskusi yang dibawakan.

Saya minum dulu ya, cukup banyak nih tulisan kali ini.

Promosi lagi boleh ya. Mampir diacara Webinar kali ini ya. Seru nih acaranya bahas tentang data.

Daftar webinarnya: disini

UAT dan Training

Setelah proses testing dilakukan, masuklah kita ke proses UAT (user acceptance test) dimana setiap kegiatan testing yang sudah bersifat final, akan dilakukan persetujuan oleh users (pengguna ERP).

Checklist dan seluruh testing scenario akan dicoba disini. Mana aktivitas yang bisa dilalui, mana yang tidak dan segala outputnya akan dicatat dan dijadikan bahan dasar untuk proses training.

Ya, training atau pelatihan pengguna untuk users akan menjadi tahapan sebelum proses berikutnya kita lalui.

Disini setiap pengguna pada aplikasi ERP akan memasukkan data, melihat proses data dan keluaran yang akan tersimpan kedalam sistem ERP.

Kompleks? Sabar, emang begitu pekerjaannya. Tetapi kalau memang Anda tertarik, bisa tuh bergabung dengan kami di Sunartha, bagian carreer, kami masi open untuk beberapa lowongan kerja lho.

Mau sekarang isi data? boleh, sabar, ini linknya ya: Apply and Join with Sunartha

Serunya, sekarang proses training ini bisa dalam bentuk online dan video lho. So, temen-temen Sunartha sudah biasa tuh buat sesi recording.

Go-Live dan Support

Akhirnya, saat yang dinantikan sudah tiba. Go-live artinya sistem sudah digunakan oleh customer dan mereka bisa melakukan seluruh aktivitas di ERP system.

Tetapi, sebelum go-live, biasanya konsultan ERP akan memasukkan seluruh master data kedalam sistem ERP. Apa saja tuh master datanya?

Cocok nih untuk bahan tulisan berikutnya. Nanti baca lagi ya.

Support? Ya, ada tim konsultan yang akan bantu dari sisi penggunaan aplikasi ERP itu sendiri. Namanya juga sistem baru, so, bantu-bantu dan ada kendala disana sini sedikit itu pasti ada.

Penutup: Apa Tugas Konsultan ERP

Bagaimana? Sudah jelaskah tugas dari konsultan ERP?

Seharusnya sudah ya. Bagi Anda yang masih bingung, boleh lho tulis dikomentar dibawah ini atau follow Linkedin saya untuk informasi menarik lainnya.

Salam,
Daru

One Reply to “Apa Tugas Konsultan ERP”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − fourteen =