Determinasi, Daya Tahan dan Tantangan

No category

Determinasi, Daya Tahan dan Tantangan. Itu yang saya simpulkan dari hasil perjalanan bisnis saya dihari jumat lalu kesebuah kota di jawa barat bersama teman Bapak saya. Sepanjang perjalanan yang disertai oleh hujan ringan dan besar tersebut, kami bercerita tentang pengalaman beliau memulai usaha yang digelutinya sampai sekarang.

Saya suka mendengarkan perjalanan hidup seseorang. Terutama dengan latar belakang usaha. Bukan artinya saya tidak menyukai perjalanan hidup seseorang yang bekerja ya, tapi intinya adalah perjalanan hidup orang lain merupakan pembelajaran tersendiri buat kita. Terutama yang sudah lebih dahulu menjalani hidup daripada saya (istilah sopannya lebih tua sih).

Mengutip kata-kata TDW, other people experinced bisa mempercepat pembelajaran kita dibidang yang sama. Setuju atau setuju?

Mungkin kita perjelas tiga kata diatas, determinasi, daya tahan, dan tantangan.

Determinasi. Mungkin kata ini serapan dari bahasa Inggris yaitu “Determination”. Terus terang saya suka dengan kata ini. Menurut saya, setiap orang yang mau berusaha, musti mempunyai kata sifat ini.

Kenapa demikian? Karena determinasi lah yang menjadikan seseorang mampu bertahan dengan perjalanan bisnisnya sehingga lingkungannya sampai mengatakan empunya bisnis sukses.

Determinasi dan daya tahan merupakan satu kesatuan. Tantangan apapun pasti bisa dilewati dengan sifat ini.

Ambil contoh dari teman Bapak saya. Dimulai masuk ke jakarta dengan modal seadanya. Mulai bekerja sebagai buruh bangunan. Kemudian melajutkan kariernya sebagai salesperson. Mulai dari obat, asuransi sampai software. Dan akhirnya mempunyai perusahaan sendiri.

Ya, tanpa determinasi, semuanya sepertinya tidak mungkin terjadi. Apabila dia menyerah, maka hasil akhirnya tidak ada bukan.

Inilah yang menarik juga untuk saya amati. Banyak orang yang mau mencoba usaha tetapi gagal sebelum membuka. Atau berhasil memulai tetapi menyerah ditengah jalan, Artinya, kegigihan dan daya tahan nya belum memadai.

Mari kita mencoba untuk mempunyai determinasi dan daya juang di pekerjaan maupun usaha kita. Nikmati prosesnya dan nanti hasilnya akan muncul sesuai dengan kegigihan kita.

Regards

Daru

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − 4 =