Menurutmu, bisnis apa ya yang survive sekarang ini?

Menurutmu, bisnis apa ya yang survive sekarang ini? Betul, itu pertanyaan seseorang┬ákepada saya. Siapa dia? Nanti ya saya jelaskan dibagian yang lainnya ­čÖé

Bertemu banyak client, prospek, teman dan mengamati kondisi perekonomian di Indonesia tahun ini, 2016, tahun monyet ya menurut penanggalan Tiongkok. Saya ikut berfikir juga, kira-kira bisnis apa yang survive disaat kondisi perekonomian yang galau dan mendung-mendung begini? Bukan karena suasana dan cuaca ikut mendung yang buat saya nulis topik ini ya ­čÖé

Apakah bisnis retail? bisnis kuliner? bisnis jasa? atau bisnis besar sekalian. Menarik klo bisa kita ambil kesimpulan, bisnis yang survive adalah bisnis yang keluar dari pakem atau kebiasaan pada umumnya bisnis lainnya.

Waduh, bahasanya keberatan ga sih? Sulit untuk dicerna? He3, sabar. Maksud saya sederhananya tuh bisnis yang unik.

Kenapa harus unik?

  1. Bisnis yang biasa-biasa dijaman begini, pasti hasilnya biasa-biasa juga atau malahan menurun. Kenapa begitu? Ya wong pembeli sekarang lagi berhemat aka pelit. Klo barang atau jasa yang ditawarkan ya gitu-gitu aja, orang pasti prioritas sama yang urusan pokok, contoh ya kebutuhan pokok. Atau angsuran rumah mungkin? He3..
  2. Bisnis yang unik membuat orang mau mencoba dan mengeluarkan uang. Betul atau betul? Pasti betul lah. Saya barusan pulang dari bicara dengan pemilik salah satu roti pisang bakar tempat saya biasa nongkrong (bukan nongkrong nunggu penumpang ojek ya ­čÖé Beliau, pemiliknya, selalu mencoba ide-ide baru. Klo ga gitu, ga dicoba dan rame Mas katanya. Betul setuju 1Milyar Pak.
  3. Keunikan membuat orang menceritakan ke orang lain. Ga percaya? Coba deh kmu ngegosipin artis. Pasti temen yang dengerin ikut ngegosip ke temen-temennya. Ha3.. tapi yang ini jangan dicontoh ya. Intinya adalah klo bisnismu unik, pasti diomongin, dan apa hasilnya? RAME.
  4. Unik juga bisa berarti memberi solusi kepada orang lain. Yang tadinya ga ada sekarang jadi ada. Semakin banyak membantu orang, bisnis mu pasti survive. Karena ada demand, bener ga?

Oke, mudah-mudahan menjawab ya klo temen-temen mau berbisnis disaat begini. Intinya harus apa? Unik. Betul. Klo belum sempurna, terus disempurnakan. Ga ada orang yang buka bisnis pertama langsung rame dan sempurna, practise makes perfect, sama dengan menjalankan usaha.

Selamat berusaha.

Regards

Daru

Kalau mau diskusi tentang membuka bisnis baru, bisa add linkedin saya atau email ke ask@smartcounting.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 6 =