Jam Terbang

Jam terbang. Mungkin istilah ini populer dikalangan pilot apabila ada kejadian khusus contoh kecelakaan. Berita selalu mengangkat berapa jam terbang pilot tersebut selama masa kariernya.

Jam Terbang

Pic Source: Pinterest

Tapi saya ga mau membahas tentang pilot ya. Yang mau saya bahas adalah jam dibidang bisnis. Konsepnya sama saja. Berapa lama kamu, kita semua menekuni bisnis kita. 5 tahun? 10 tahun? bahkan lebih.

Korelasi dengan Bisnis – Jam Terbang

Nah, apa korelasinya dengan bisnis nih. Pilot dengan jam terbang yang tinggi, biasanya sudah menghadapi banyak kejadian-kejadian mendebarkan didalam kariernya. Sama dengan pelaku usaha atau pebisnis.

Mulai dari krisis ekonomi, krisis internal didalam perusahaan, ditipu orang dll. Nah, pantes apabila orang bank bilang, kita ga mau kasi pinjaman ke perusahaan yang seumur jagung (eh umur jagung bulanan ya? ups salah) yang umurnya dibawah 2 tahun.

Kenapa begitu? karena bank dan investor tidak mau meresikokan dananya (meskipun yang peminjam mempunyai aset). Itu kuncinya. So, insight kali ini adalah, perbanyak jam Anda, perbanyak kegagalan (tetapi kegagalan yang terukur ya). perbanyak pertemanan dan sharing session.

Kenapa? Karena dengan itulah kita jadi mempunyai jam terbang yang lebih tinggi. Jam terbang yang lebih tinggi membuat kita lebih awas, perhatian, dan tau cara bersikap apabila mendapatkan tantangan dalam mengelola bisnis, setuju?

Kesimpulan

Nah, mulai dari sekarang, kita mulai mendaftar, kegiatan apa yang membuat jam terbang kita semakin tinggi lagi. Mulai dari sekarang dan kita akan mendapatkan ilmunya.

Karena apapun itu, ilmu yang kita miliki, tidak akan valid atau teruji, kalau kita tidak mempraktekannya. Sesuai gambar diatas, bahkan Bruce Lee pun takut sama orang yang sudah mempunyai pengalaman tinggi, meskipun 1 jurus aja.

So, bagaimana dengan Anda? Kalau saya sih, saya coba dan praktek terus, meskipun kenyataannya, sulit, sangat sulit.

Tetapi tidak apa, kita musti coba dan coba terus ya. Jangan khawatir akan hasil, berproses saja. Selamat belajar.

Regards,

Daru

Apabila ada teman-teman yang ingin berdiskusi lebih lanjut tentang bisnis dan usaha bisa menghubungi saya dan tim dinomor Whatsapp berikut: 0815-8690-2500

Tulisan saya yang lain, yang mungkin Anda perlu dan wajib baca nih. Silahkan.

Berani Beda

Laporan vs Analisa

2 Replies to “Jam Terbang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × four =