Bagaimana Mempersiapkan Masa Pensiun

Bagaimana Mempersiapkan Masa Pensiun

Bagaimana Mempersiapkan Masa Pensiun
Bagaimana Mempersiapkan Masa Pensiun

Sumber gambar : Portafina

Renungan Saat Liburan

Masa liburan sudah hampir selesai. Tinggal besok, jumat terakhir dan senin kita mulai sibuk kembali dengan pekerjaan dan kesibukan kita masing-masing.

Bagaimana dengan liburan Anda? Menyenangkan tentunya. Perjalanan bersama keluarga, bisa berkumpul dengan keluarga besar, bercerita panjang lebar tentang apa saja.

Sama dengan saya. Banyak keluarga yang berkunjung kerumah. Membuat kehangatan tersendiri bisa berkumpul dan bertukar pengalaman dan cerita bersama saudara-saudara.

Terbersit pembicaraan mengenai masa pensiun. Ok, saya masi berumur 30an dan saya jadi tertarik untuk membahas tentang bagaimana mempersiapkan masa pensiun.

Tentunya saya ingin pensiun dini juga dong, tapi dalam artian apa nih. Yuk kita coba lanjutkan kebagian berikutnya, masa pensiun dulu dan sekarang, bedanya apa ya?

Pensiun, Dulu dan Sekarang

Memang ada bedanya ya? Jaman dahulu dan sekarang Mas Ndaru? Ok, ini menurut saya ya. Bagaimana menurut Anda, silahkan ditulis dikomentar bagian bawah blog ini ya.

Menurut saya. Jaman dahulu, kita sering diberikan wejangan oleh orang tua kita, cari kerja yang baik setelah lulus kuliah, tempat kerja yang bisa kasi pensiunan (gaya-gayanya PNS nih) sehingga hidup dimasa setelah aktif bekerja, bisa tenang secara finansial.

Setujukah Anda dengan itu?

Bagaimana dengan sekarang? Banyak anak milenials (saya masih termasuk ya) mungkin yang terutama berbisnis, mempunyai tujuan yang berbeda dengan mimpi orang tua mereka.

Mereka membangun bisnis bukan untuk selamanya dijalankan. Tetapi untuk apa? Ya keuangan dipensiun mereka ditanggung dengan penjualan bisnis mereka.

Nah lho, beda banget bukan? Yang satu enak dapat bulanan, yang ini maunya dari penjualan bisnis mereka. Lalu persiapan apa yang diperlukan untuk mempersiapkan masa tersebut baik yang konvensional dan yang kedua tadi?

Bagaimana Mempersiapkan Masa Pensiun

Kalau menurut hasil pengamatan saya, yang terutama adalah mental. Betul, bedanya akan sangat terasa dari kegiatan rutin yang kita biasa jalani, baik bisnis maupun bekerja.

Yang kedua adalah finansial. Baik pensiun dari tempat kerja maupun bisnis, saat ini rata-rata pensiunan ini akan mempunyai dana yang cukup banyak. Lalu bagaimana agar dana tersebut cukup untuk bulanan seperti gajian yang diterima sebelumnya?

Kalau menurut saya, ya harus belajar yang namanya perencanaan finansial. Apapun bisa dipelajari kok.

Saya sih secara pribadi, inginnya punya properti atau bisnis yang bisa memberikan gajian bulanan rutin karna saya masi sebagai komisaris didalam bisnis saya, tapi operasional rutin sudah ada yang mengurus.

Bagaimana menurut Anda?

Salam,

Daru

Ingin berkenalan dengan saya via Linkedin, ini tautan saya. Yuk Berkenalan

Saat ini saya aktif di Sun Artha, sebagai managing director dan tertarik dengan bidang yang berhubungan dengan management, bisnis, startup terutama produk seperti Acumatica Cloud ERP dan Tableau Business Intelligence.

Bacaan lain yang menurut saya menarik lainnya antara lain

Liburan Produktif ala Anak Jaman Now

 

 

2 Replies to “Bagaimana Mempersiapkan Masa Pensiun”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + eighteen =