Menghitung Hari 2020

Menghitung Hari 2020

Menghitung Hari 2020
Pic Source: otomotif.tempo.co

Tidak Terasa

Hi, apakabar?

Selamat datang dan terimakasih sudah mampir diblog pribadi saya kali ini. Edisi hari minggu. Saatnya kita beristirahat setelah seminggu kemarin kita masih sibuk dan penuh pikiran.

Tetapi dengan ada hari libur, sabtu dan minggu, semoga pikiran dan pekerjaan yang masih kita kerjakan, jadi cukup terangkat bebannya. Setuju?

Bagaimana dengan tahun 2020 ini teman-teman? Tidak terasa atau sangat terasa?

Tentunya tidak terasa kalau bagi Anda yang tahun ini masih diberikan berkat untuk menjalani aktivitas Anda seperti biasa atau bahkan semakin sibuk ya. Puji Tuhan.

Tapi mungkin akan sangat terasa beratnya kalau aktivitas, usaha atau pekerjaan Anda cukup terdampak sama Covid-19. Tolong bersabar dan tetap menjaga kewarasan dan kesehatan ya, karena mudah-mudahan tahun 2021 dengan adanya vaksin, semua ekonomi kembali normal.

Setuju dong ya?

Flashback dan Evaluasi 2020

Karena hari ini saya cukup bingung mau menulis topik apa, akhirnya saya putuskan untuk menulis tentang evaluasi 2020 dari sisi saya pribadi dan mungkin sedikit sharing tentang bisnis yang saya jalankan.

Nda apa-apa kan ya?

Ya, kita mulai ya.

Tahun 2020 merupakan tahun yang cukup, eh bukan, sangat menantang menurut saya. Sama halnya dengan para pelaku bisnis diseluruh dunia, tahun ini merupakan tahun ketidakpastian.

Saya pernah mengalami tahun 2008 sebagai tahun ketidakpastian saya yang pertama. Dimana seingat saya saat itu ada kejadian subprime mortgage dimana semua lembaga keuangan, institusi keuangan seperti bank kesulitan likuiditas.

Dan saya bekerja diperusahaan yang cukup terdampak. Intinya, punya usaha atau bekerja diperusahaan yang dana tunainya tidak ada itu bikin tidur nda nyenyak dan apapun makanan tidak enak deh pokoknya.

Lanjut ya.

Menghitung Hari 2020

Lalu ditahun 2020 yang sudah mulai menghitung hari ini, evaluasinya bagaimana?

Kalau saya, tentunya pengalaman dari 2008 dan pengalaman 2020 ini membuat saya yakin dan percaya kalau pertolongan Tuhan itu ada.

Mungkin waktu saya diawal 2020 ingin ekspansi usaha, Tuhan berkehendak lain dengan membawa kondisi ini sehingga kami tidak memutuskan investasi besar-besaran sehingga kami bisa reserved dana cukup untuk melewati masa ini.

Ya, tidak semua perusahaan mempunyai dana untuk bertahan selama masa pandemi.

Lalu diakhir tahun 2020 ini, dimana tinggal 1 bulan buku saja, bulan desember, kami sudah mulai merencanakan tahun 2021 dengan perhitungan yang mustinya lebih cermat lagi.

Asumsi-asumsi perekonomian akan kembali normal atau tidak harus dimasukkan lho. jangan kepedean saja. Saatnya orang-orang dengan background keuangan diberikan kesempatan untuk melakukan forecasting kedepan untuk bisnis Anda.

Ok, cukup panjang nih curhatnya. Jangan lupa ada artikel lain yang menarik untuk dibaca ya

Berani Mengambil Resiko

Belajar Membuat Sankey Diagram di Tableau

Tertarik untuk berdiskusi tentang topik-topik seperti pembahasan cashflow, forecasting dan penerapan sistem untuk bisnis boleh lho ke nomor berikut ya 0815 8690 2500 dengan Mba Euis ya.

Jangan lupa juga add saya dinetwork Linkedin Anda dengan klik dibawah ini ya

Salam,

Daru

2 Replies to “Menghitung Hari 2020”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 4 =