Tren ERP 2015

No category

Selamat Tahun Baru 2015

Bagaimana dengan persiapan tahun 2015 dibisnis Anda? Sudah melakukan budgeting dan merencanakan aktivitas kerja untuk tim Anda?

Pastinya sudah direncanakan baik-baik pada akhir tahun 2014 lalu. Darimana data yang digunakan untuk mempersiapkan nya? Pasti dari file-file excel yang digunakan, software akuntansi yang sudah terpasang bahkan ERP system yang sudah ada.

Ok, sekarang saya mau sharing mengenai tren 2015 untuk aplikasi ERP bagi industri distribusi berdasarkan erpfocus.com :

1. Business Intelligence akan sangat dibutuhkan dari ERP

Bisa dibayangkan untuk melakukan pengambilan keputusan tanpa harus menunggu lagi proses melakukan penarikan data dari software, kemudian diolah dalam bentuk excel dan disajikan dalam bentuk bagan dan chart sehingga mudah untuk diambil kesimpulan dari data tersebut. Ya, business intelligence akan sangat membantu semuanya itu, cukup lihat dashboard yang sudah dibuat, kemudian diambil keputusan berdasarkan data tersebut. Anda bisa menjawab pertanyaan dari pelanggan mengenai ketersediaan barang, kapan pengiriman akan dilakukan dan kapan barang akan tersedia kembali saat itu juga? Masih penasaran kan? ada 2 lagi.

2.  Otomatisasi dalam proses pengiriman 

Semua proses yang terjadi digudang dari kegiatan masuk barang sampai, sortir untuk persiapan pengiriman sampai dengan pengiriman dan dikirim oleh ekspedisi yang ada semuanya akan tercatat di ERP. Saat ini dimulai dengan barcode scanner dan akan mulai menggunakan robot sebagai pengganti tenaga manusia, semuanya akan serba mungkin.

3. Siapa yang mampu mengelola persediaan lah yang menang

Dalam industri distribusi, yang paling optimal mengelola persediaan lah yang menang. Optimalisasi nya tidak terlepas dari sistem yang dapat memberikan informasi paling aktual baik dari sisi persediaan yang ada sampai dengan forecast persediaan yang dibutuhkan. Informasi mana persediaan yang akan dikategorikan sebagai dead stock dan mana yang harus cepat dipenuhi persediaannya, merupakan suatu keharusan dari ERP yang dimiliki.

Sekian informasi terkait trend 2015 ERP bagi perusahaan yang bergerak dibidang industri distribusi. Berikan komentar melalui email atau twitter saya.

 

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − 3 =