Start Small, Think Big and Act Now (Part 1)

Bisnis

Itulah kata-kata dosen saya Pak Bayu Krisnamurthi disaat beliau mengajar.Waktu itu mata kuliah nya saya lupa, tapi kata-kata tersebut terus terngiang-ngiang dipikiran saya. Saat itu saya belum terpikir apa yang akan saya lakukan ketika saya lulus nanti, bekerja atau mencoba usaha sendiri, wiraswasta kata banyak orang.

Tetapi setelah saya melalui pengalaman-pengalaman dalam memulai usaha, ternyata ada benarnya juga kata-kata tersebut.

Start Small

Seringkali waktu kita mulai usaha, maunya langsung serba besar. Besar kantornya, besar tim atau karyawannya, besar omsetnya, besar segala-galanya. Itu benar apabila memang modal kita sudah mencukupi. Modal disini bukan hanya capital atau uang tetapi pengalaman mengelola sdm, operasional dibidang yang kita akan usahakan.

Start small, mulailah dengan yang kecil dulu. Dengan yang kecil, kita akan terasah secara langsung. Bagaimana mengelola sdm, mengelola aktivitas marketing dan penjualan, mengelola keuangan, mengelola emosi dan ketahanan diri kita sendiri.

Jatuh dan bangun saat kita kecil membuat kita menjadi siap apabila skala usaha yang kita mulai tadi membesar. Rumusnya hanyalah duplikasi. Apabila kita sudah mempunyai cukup informasi dan data yang bisa kita jadikan dasar, maka sisanya adalah prosedur dan sistem yang bekerja.

Dahulu saya dan keluarga mempunyai usaha dibidang produksi kerupuk. Buat sebagian orang, usaha ini sederhana sekali. Tetapi apabila dibesarkan skalanya, seperti yang kami coba, hal itu menjadi sangat berbeda.

Dari sisi produksi saja sudah harus berhubungan dengan efisiensi. Berapa banyak bahan baku yang harus ada, berapa tenaga kerja, berapa bahan bakar yang harus ada, berapa kecepatan produksi yang harus dijaga dan lain lain.

Waktu itu saya yakin apabila produk baik, maka proses penjualan akan mudah. Ternyata asumsi saya tidak sama dengan kenyataan. Pasar harus dimulai dulu sebelum produksi. Pasar harus siap dengan produk kita dan pesanan harus ada untuk menerima hasil produksi kita.

Apabila skala mulai adalah kecil, maka kita akan tahu terlebih dahulu. Bagaimana proses sales dan marketing, untuk menyesuaikan dengan kapasitas produksi.

Baik, kita lanjutkan besok untuk bahasan yang kedua, Think Big dan Act Now.

Tags:

One response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + two =