Bisnis Besar itu Baik, Bisnis kecil itu Indah

Bisnis besar itu baik, bisnis kecil itu indah. Maksudnya apa ya? Kita coba bahas ya. Terkadang pemilik bisnis, berusaha sangat keras untuk memperbesar bisnisnya dalam waktu yang sesingkat-singkatnya (dikira pas proklamasi kali ya? he3 🙂

Nah, yang tidak disadari oleh pemilik bisnis itu adalah, sesuatu yang dipaksakan, biasanya tidak kuat, kokoh dan tahan lama. Ga percaya? Coba aja bikin popmie blum 3 menit uda dimakan? Ga enak juga bukan? Padahal uda mie instan lho (ups, nyebut merk pula nih)

Apalagi bisnis? Makanya dibilang bisnis kecil itu indah, bukan jelek lho ya. Asalkan profitabilitasnya terjaga dengan baik. Artinya untung dan kumpulan keuntungannya tersebut (yg dibilang retained earning sama wong londo) itu bisa membiayai ekspansi bisnis kedepan.

Klo kita bilang, wah klo mau gedein usaha selama itu, apa ga keburu saingan masuk ya? Terkadang betul juga tuh, klo kita ga kuasai pasar cepet-cepet, saingan bakal masuk dan ngerebut kue kita, nasib kita gimana? Lah kok yg nulis jadi ikutan galau gini sek…

Bentar dulu, jangan terburu-buru dan nyeruput kopi item dl, pikirkan sejenak (berpikir….) he3…

Ok, jawabannya sederhana, kita bisa pake senjata namanya “Leverage” atau daya ungkit atau hutang sama bank. Kenapa? Karena kalau buku raport kita (Laporan Keuangan) bagus waktu dianalisa sama bank, untuk pengembangan usaha pasti didukung.

Contoh : mau pinjam dana untuk beli ruko agar karyawan bisa ada tempat kerja? Bisa tapi dengan catatan arus kas perusahaan bisa menutup angsuran pokok dan bunga selama periode yang ditentukan atau perkiraan kedepannya.

So, kesimpulannya adalah sesuai judul diatas ya, bisnis besar itu baik, bisnis kecil itu indah. Bagi yang mulai saat berusaha, jangan minder, semua dimulai dari yang kecil kok, sebutin aja perusahaan2 besar sekarang. Klo dari blog Mas yuswohady.com namanya kesabaran yang membuahkan hasil.

Salam untuk berjuang ya

Regards,

Daru

CategoriesUncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + sixteen =