Dream Big About Your Business

Bisnis

Dream Big About Your Business

Dream Big About Your Business
Dream Big About Your Business. Pic Source: TeePublic

How Big

Selamat pagi. Apakabar? Sepertinya sudah lama banget ya nda menulis blog disini. Ya, mungkin lebih dari 2 minggu lalu. Mungkin karena kesibukan dan keteparan saya disabtu kemarin membuat saya harus skip menulis lagi.

Kenapa saya tiba-tiba menulis ini? Mungkin karena saya mempunyai waktu lebih untuk merenungkan ketika saya istirahat dan juga ada series of meeting dengan teman-teman dan kolega saya, yang membuat saya tertarik untuk menganalisa lebih lanjut tentang topik ini.

Ok, kita mulai saja gimana? Lanjut ya. Btw, saya akan coba komit untuk menulis ditiap sabtu, dimana topiknya akan tidak jauh dari soal bisnis, sharing knowledge dari pengalaman saya dientrepreneurship, topik terbaru tentang management tools dan yang lain.

Sebelum saya mulai, coba jawab pertanyaan ini sebelumnya. Apabila Anda mempunyai bisnis sendiri, apakah Anda pernah bermimpi, bisnis yang akan Anda jalankan akan sebesar apa? Misalkan: akan mempunyai revenue sekian puluh juta dollar atau akan punya tim seribu orang.

Pernahkah Anda berandai-andai seperti itu?

My Experience

Pertanyaan yang sulit bukan? Sulit. Bahkan untuk saya sendiri. Saya tidak membayangkan bisnis yang dirintis akan sebesar apa, bagaimana cara membesarkannya, apalagi sampai skala seperti itu. Mustahil!

Apakah benar hal itu mustahil? Mewujudkan mimpi jadi kenyataan? Bisa iya, bisa tidak. Mustahil kalau kita memang nda tahu caranya. Bisa kejadian kalau kita tahu cara dan jalannya. Setuju?

Kita bahas ya. Sesuai pengalaman saya tentunya.

Pengalaman saya dalam memulai bisnis, berulang kali saya selalu berfikir seperti itu. Ah yang penting jalan dulu. Nggelundung dulu aja. Kan masi survival stage ini aja. Istilah keren anak2 jaman sekarang adalah bootsrapping aka modal dengkul. Ya kadang dengkul dimana, kepala dimana.

Ternyata oh ternyata, pemikiran saya itu ada salahnya. Bukan ada benarnya ya. So, apa yang salah? Karena saya salah bermimpi sebesar apa bisnis yang saya dirikan (dahulu ya).

Saya jadi teringat mimpi Ibu saya. Jaman dahulu saat ortu saya dikampung yang nda ada dipeta itu, karna saking jauhnya dipelosok, Ibu mempunyai mimpi, suatu hari nanti akan naik mobil yang namanya mercedes benz. Ok, mustahil kah? Saat itu, saat mempunyai mimpi itu, beneran mustahil. Wong mbah kakung dan mbah putri itu hanya guru kok, duit dari mana.

Fast forward ke sekian puluh tahun kemudian, Ortu saya bisa membeli mobil yang dicita-citakan oleh Ibu saya. Mimpi jadi nyata? Pastinya. Meskipun mimpi itu harus dibayar dengan pengorbanan yang nda sedikit.

Lalu kenapa Anda dan saya harus malu atau tidak mampu untuk bermimpi besar? Karna seringkali kita takut. Iya karna kita takut diejek, direndahkan dan segala pikiran yang membuat kita “nyaman”.

Dream Big About Your Business

Flashback ke saat ini. Saya dan tim akhirnya mau merumuskan mimpi yang membuat kami bergejolak semangatnya. Bukan gejolak jiwa missqueen ya, tapi jiwa fighting yang ingin merealisasikan mimpi kita. Mimpi yang mungkin bagi sebagian orang mustahil.

Saya membuat tim ingin percaya bahwa apapun itu kita akan bisa jalankan dan lalui. Tidak ada dikamus perjalanan itu mudah. Klo mudah namanya jalan-jalan. Mimpi kita adalah go-international di 3 tahun kedepan level asia.

Dan saya ingin membuat sunartha menjadi best achiever diindustri yang kita miliki sekarang. Rencana sudah disiapkan, tim dipersiapkan, metode kerja sudah juga dan kami mengundang para pemimpi yang ingin mewujudkan mimpinya bergabung dengan kami.

Misi dan visi kami jelas. Dan kami butuh tim yang mempunyai mimpi dan kerja keras yang sama.

So, adakah mimpi besar yang Anda ingin wujudkan? Never affraid to make it happen.

Setuju?

Daru

Artikel lain yang harus Anda kunjungi lainnya:

Mencari tim yang tepat. Cocok untuk Anda yang sedang mencari tim untuk bisnis Anda.

Belajar Membuat Visualisasi Tableau untuk menampilkan Year to Date (YTD). Check this out. Cocok bagi Anda yang suka menganalisa.

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 12 =