Bagaimana Meningkatkan Value Diri

Bagaimana Meningkatkan Value Diri

Bagaimana meningkatkan Value Diri
Bagaimana meningkatkan Value Diri. Source: thriveworks.com

Value dan Gaji sebanding kah?

Selamat Pagi. Tertarik membahas tentang topik ini. Antara value dan penghasilan (gaji) sebenarnya sebanding nda sih? Topik berat ya. Yuk kita simak bersama.

Saya pernah melihat ada seseorang dengan penghasilan yang lebih besar daripada rekannya yang seumuran dan lulusan yang sama. Lalu perbedaannya ada dimana? Kok yang satu bisa lebih besar dari yang lain?

Kalau saya lihat, ada beberapa variabel yang menentukan. Pertama, skill atau value dari orang tersebut. Betul kalau Anda memiliki skill yang saat ini didunia ini tidak ada yang memiliki, pastinya Anda akan dicari bukannya malah mencari, setuju nda?

Contohnya dokter spesialis (bahkan kalau ada super spesialis). Ada juga saat ini profesi yang kekininian, Data Scientist, dimana gabungan dari skill statistika, programming dan analytics, waduh, dengernya aja uda njelimet bukan?

Variabel kedua, saya lihat adalah momentum. Bisa jadi dulu didunia kerja, profesi atau skill tersebut sedang dibutuhkan banget. Tetapi begitu Anda sudah mempelajarinya, bisa jadi sudah outdated atau ada teknologi yang menggantikannya.

Contohnya adalah petugas penjaga pintu tol. Ya, dulu dibutuhkan, sekarang digantikan oleh mesin yang otomatis mengayun sendiri. Sedih bukan?

Lalu bagaimana meningkatkan Value Diri

Pertanyaannya, bagaimana caranya? Yang pasti selalu dan siap belajar. Kita nda pernah tahu skill apa yang akan dibutuhkan kedepannya. Setuju? Tapi yang kita tahu adalah trend kedepan kira-kira seperti apa.

Contohnya data scientist yang kita bahas tadi diatas. Semakin banyak perusahaan atau startup yang membutuhkan penerjemah data yang dimiliki, profesi itu akan semakin dibutuhkan.

Misalkan trend otomatisasi kedepan semakin tinggi, mungkin programmer dengan kemampuan IOT akan dibutuhkan juga.

Seringlah mendatangi komunitas-komunitas yang seringkali berbagi tentang trend kedepannya. Bisa komunitas teknologi seperti startup, kuliner atau topik-topik yang menyenangkan.

Mulai dari mana?

Mulai sekarang. Ya, mulailah browsing untuk cari-cari skill apa yang menarik untuk dipelajari kedepannya. Bisa dari skill pengolahan data, skill buat powerpoint yang menarik.

Sudah? Belum. Baca dong artikel lainnya dibawah ini untuk mendukung blog saya. Atau kalau mau berkenalan via Linkedin, bisa langsung klik tautan dinama saya dibawah.

Daru

Baca artikel lain yang berguna untuk Anda dan bisnis Anda

Dream Big About Your Business

Belajar Tableau Creator 2019.2

3 Replies to “Bagaimana Meningkatkan Value Diri”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − five =