Memulai Bisnis Lagi

Memulai Bisnis Lagi

Memulai Bisnis Kembali
Pic Source: brilio.net

Minggu-minggu enaknya nulis blog

Selamat hari minggu, para pembaca yang budiman.

Sudah cukup lama ya, saya menulis kembali, blog pribadi saya, yang rutin membahas tentang bisnis, pemikiran saya, ide-ide bisnis yang liar serta apapun uneg-uneg yang ada dipikiran saya.

Ternyata, dipikir-pikir, menulis itu salah satu bentuk melepas kepenatan, stress atas profesi dan pekerjaan yang seminggu kita jalani. Terapi yang murah meriah, modalnya cukup notebook, segelas kopi kekinian (kopi Tuku, kita jadi deal ya) dan sebersit ide untuk mulai menulis.

Siang ini, saya meluangkan waktu, 15-30 menit saya untuk menuliskan, ide yang menurut saya, harus dituliskan, agar teman-teman yang saat ini lagi diposisi yang kurang enak karna kondisi pandemik, bisa cepet pulih, dan selalu berharap kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk dibantu kearah yang lebih baik ya. Amin.

Ok, saya nyeruput kopi dulu ya. Segar.

Dan balik lagi, minggu-minggu gini, dirumah aja, emang enaknya nulis diblog sendiri. Siaap? Mari kita lanjut ya.

Memulai Bisnis Lagi. Kenapa bisnis lamanya Mas?

Sesuai judul, kenapa saya bilang, memulai bisnis lagi. Lah, kenapa bisnis lama saya? Nda ada apa-apa juga kok. Bisnis lama saya, dan bisnis utama saya, Sunartha.co.id yang bergerak dibidang jasa konsultasi dan implementasi software-software terbaik untuk manajemen, berjalan seperti biasa kok. Malahan baru buka cabang di Surabaya. Nih, artikelnya saya buat khusus untuk Anda.

Buka Cabang Baru nih, Surabaya here we come.

Dapatkan penawaran khusus bagi Anda yang punya bisnis di Surabaya atau teman dan keluarga di Surabaya, Jawa Timur dan sekitarnya untuk berdiskusi tentang software apa yang terbaik untuk bisnis Anda. Monggo lho.

Lanjut ya bahasan kali ini. Kenapa saya memulai lagi? Karena saya ingin punya portofolio bisnis yang secara bisnis, punya market yang besar, retail dan ternyata saya mempunyai keunggulan kompetitif disitu karena itu yang dikerjakan oleh bisnis saya sebelumnya. Betul.

Teknisnya, nanti saya lanjutkan dan ceritakan ya, step-by-step-nya, karena sepertinya menarik kalau kita jadikan serial konten bikin bisnis baru, jadi teman-teman yang ingin bergabung atau membuat bisnis serupa, bisa jadi inspirasi.

Lalu, ternyata, saya menemukan sebuah insight, kunci atas memulai bisnis kembali ternyata langkahnya lebih cepat apabila kita mempunyai pengalaman atau urutan bisnis sebelumnya yang kurang sukses (to the pointnya, bisnis yang bangkrut ya).

Kita bahas dibawah ya. Saya nyeruput kopi kekinian dulu. Sambil ngemil donat gula yang manis, semanis siapa ya? Iya, kamu, jangan senyum-senyum sendiri sambil baca ini ya Mba.

Ternyata, itu toh kuncinya. Penasaran apa kuncinya?

Punya Bisnis Lalu Dijual? Nda sayang?

Tahukah Anda, saya pernah nulis tentang topik diatas itu. Silahkan mampir bagi Anda yang belum mampir ya. Terimakasih lho. Ditunggu masukannya.

Kunci dari penasaran Anda. Yes, karena pengalaman, apapun itu, baik maupun buruk, akan membuat Anda merintis bisnis berikutnya jauh lebih cepat dan lebih terstruktur. Sebagai contoh:

Bisnis berikutnya saya, bisnis yang akan jalan ini sudah mempunyai perhitungan antara penerimaan, target penerimaan, budget biaya dan detail teknis seperti infrastruktur IT, menempatkan dimana saja, software yang digunakan apa aja, dan seterusnya.

Jadi sesuai gambar diatas, meskipun usaha pertama, kedua, ketiga kita tidak sukses or so-so, Anda nda perlu khawatir. Anda akan mendapatkan pengalaman dan insight menarik dari situ. Ingat, belajar itu bukan dari kesuksesan saja lho, kegagalan juga. Setuju?

Wah ternyata saya nulis cukup banyak juga ya. Maafkan. Yang pasti, series merintis bisnis saya ini akan saya jadikan prioritas tulisan saya kedepan. Jadi, ditunggu ya tulisan dan sharing saya berikutnya.

Bagi yang ingin ngobrol-ngobrol tentang bisnis, sistem bisnis dan model bisnis, boleh lho diskusi sama saya. Siapa tahu bisa saling bantu. Anggep CSR pribadi saya deh.

Follow Linkedin saya, di hyperlink saya dibawah ya.

Daru

Saya dan tim sedang membuat bootcamp program untuk developer dibisnis saya Sunartha. Tertarik untuk bergabung? Sent CV Anda ke hrd@sunartha.co.id dengan judul email: BootCamp_BlogPW. Kabari dan bagikan ya kalau saudara, kenalan maupun teman Anda mau join. Trims.

3 Replies to “Memulai Bisnis Lagi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 4 =