Belajar Tableau

Belajar Tableau

Tableau adalah software yang membantu manajemen dalam mempercepat pengambilan keputusan berdasarkan visualisasi data.

Bisnis saat ini memerlukan proses yang serba cepat. Cepat bukan berarti tidak akurat. Cepat bukan juga berarti tidak berdasarkan data.

Menariknya, menjalankan bisnis sekarang tidak semudah menjalankan bisnis 10 – 20 tahun sebelumnya. Mungkin kalau Anda mencobanya sekarang, dengan gaya 10 – 20 tahun lalu, pilihannya adalah maju sekencang-kencangnya dan masuk ke jurang, ups.

Tidak mengkerdilkan pilihan action now lho ya. Artinya sekarang, menjalankan bisnis haruslah Anda seumpama berkendara dengan cepat tetapi selalu siaga terhadap semua kondisi yang ada.

Nah, apa hubungannya dengan belajar Tableau?

Tableau bisa membantu kita, pemilik bisnis, untuk mempercepat pengambilan keputusan berdasarkan data yang kita miliki.

Contoh sederhananya. Menentukan efektifitas kampanye marketing.

Kemarin saat saya berdiskusi dengan teman saya yang berbisnis distribusi yang berhubungan dengan kendaraan seperti shampo mobil, oli dan lainnya. Saya bertanya, apakah sempat menganalisa berpengaruh tidak antara kampanye via beberapa media dengan penjualan?

Jawabnya, belum. Ok, lanjut saya, kenapa? Karena belum tahu bagaimana cara melakukan evaluasinya. Ok. Menarik saya bilang. Bagaimana kalau Anda siapkan datanya dan saya siapkan tools untuk analisanya. Kita tunggu episod kedua ya..

Contoh menarik tersebut, membuat saya berfikir. Apakah masih banyak perusahaan dan pemilik bisnis yang saat ini sedang berjuang sekuat tenaga untuk meningkatkan penjualan tapi tidak tahu caranya. Bagaimana berjuang melakukan efisiensi untuk meningkatkan profitabilitas tetapi tidak tahu caranya.

Ya, sebenarnya jawabannya sudah ada melalui data yang mereka miliki. Tetapi bagaimana mempermudah dalam pengambilan keputusan lah yang ternyata sulit. Istilahnya dibadminton, umpan lambung tinggal dismash saja.

Ok, coba saya berikan ilustrasi salah satu hasil dari Tableau dashboard.

Bagi Anda yang baru pertama kali mengenal Tableau dan ingin mendownload Tableau Trial selama 14 hari dengan seluruh fitur tersedia, bisa mampir disini untuk link downloadnya:

Download Tableau Trial

Atau apabila Anda merasa sudah menggunakan trial tersebut dan tetap ingin menggunakan Tableau tetapi Anda tidak merasa data yang Anda miliki bersifat rahasia, artinya untuk belajar-belajar saja, Anda bisa gunakan link download Tableau Public disini:

Download Tableau Public

Btw, perbedaannya apa? Kalau menurut saya pribadi, hanya tempat menyimpan hasil visualisasi yang kita sudah buat. Dan karena public saya rasa ada beberapa fitur yang tidak tersedia, tetapi kalau untuk coba-coba dan belajar, saya rasa sudah cukup sih.

Baik, kita lanjutkan ya.

Jenis Produk Tableau

Seperti yang teman-teman tahu, Tableau mempunyai jenis/tipe produk. Yang paling sering dikenal adalah Tableau Desktop ya.

Tableau desktop ini merupakan bagian produk dari Tableau Creator ya. Jadi kalau misalkan kita membeli (oiya, Tableau sekarang konsepnya subscription ya, aka berlangganan) jadi setiap pembelian Tableau Creator, akan mendapatkan Tableau Desktop, Tableau Online (atau yang dulu disebut tableau server) dan Tableau prep builder ya.

Konsepnya serial number ya. So 1 user akan mendapatkan 1 serial number yang akan dikirimkan oleh Tableau sendiri, melalui email yang diregistrasikan saat membeli.

So, email temen-temen juga akan bisa digunakan untuk login ke yang namanya customer portal. Jadi disitu kita bisa download rilis produk terbaru dan tentunya submit case ya.

Penasaran isi Tableau Customer Portal, berikut link nya: Tableau Customer Portal

Ok, spesifik ke produk yang akan kita bahas kali ini adalah Tableau Desktop ya teman-teman. Kenapa? Karena kita bisa buat Viz dan menghubungkan data dari sumber datanya langsung.

Persiapan

Mari kita persiapkan dan download-download dl ya. Usahakan install tableau yang terbaru ya, waktu saya tulis blog ini, sekarang versi tableaunya di 2020.1.3

Sudah downloadnya? Ayuk kita coba install bareng ya.

Klik file installernya, kemudian lanjutkan sampai selesai ya. Nanti kalau sudah beres Tableaunya, temen-temen akan dapat menemukan tampilan sebagai berikut:

Tampilan Awal Tableau

Artinya kita bisa memulai untuk belajar bagaimana menggunakan Tableau ya.

Btw, saya akan melanjutkan membuat video terkait membuat 1 dashboard yang terdiri dari beberapa visualisasi ya setelah ini. Berikut dibawah ini salah satu contoh Dashboard default yang telah ada dari samplenya ya.

belajar tableau
belajar tableau

Kalau gambarnya terlalu kecil, tolong diklik saja ya supaya membesar.

Setelah itu, mungkin apabila Anda mempunyai ide topik yang bisa saya dan tim buatkan videonya, mungkin bisa ditulis dibagian bawah komentar ini ya. Kami mendukung nih temen-temen untuk bisa belajar menggunakan Tableau dari rumah disaat seperti ini.

Atau temen-temen bisa memfollow Linkedin Sunartha disini untuk mendapatkan informasi sharing tentang topik Tableau yang kami bagikan secara rutin.

Atau tertarik untuk membaca artikel lainnya tentang Tableau, coba lihat salah satunya dibawah ini ya.

Pelatihan Tableau secara Online

Workshop Tableau Server

Hubungi kami melalui whatsapp Mba Euis untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dinomor berikut ini: 0815 8690 2500

Salam,

Daru

Bacaan Artikel dengan Film yang lagi hits di Netflix: Belajar Bisnis dari Film Itaewon Class

7 Replies to “Belajar Tableau”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 1 =